Jumat, 13 Juli 2012

Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

Terkadang disaat selesai melakukan partisi hardisk di windows xp maupun windows 7 yang pernah saya bahas di postingan partisi hardisk , terdapat permasalahan yang menyebabkan beberapa partisi tersebut tidak terdeteksi saat mengakses windows explorer. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor , misalnya karena proses partisi yang kurang sempurna, bad sector hardisk, bug software partisi, compatibilitas file system, dll.

Dalam beberapa kasus yang terkadang ditemukan dan ditanyakan oleh teman-teman:
1. Kasus pertama : Komputer menggunakan 1 hardisk , saat partisi hardisk dibuat 4 partisi drive (volume), namun saat di bukan di windows explorer hanya terdeteksi 2 atau 3 partisi saja
2. Kasus 2 : komputer menggunakan dua buah hardisk dimana setiap hardisk mempunyai 3 partisi , hardisk pertama semua partisinya terdeteksi di windows explorer, namun pada hardisk kedua hanya terbaca 1 atau dua  partisi saa saat diakses menggunakan windows explorer.

Jika menemukan kasus seperti di atas, salah satu software gratis yang bisa digunakan untuk memperbaiki partisi hardisk  yang tersembunyi (hidden partition) adalah Partition Find & Mount. Software ini berukuran kecil sekitar  1,6 MB , namun dapat digunakan untuk recovery dan mounting hidden partition. Untuk personal user kecepatan membaca /transfer datanya 512 KBps.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post
 

Copyright 2011 Ilmu Komputer is proudly powered by blogger.com | Design by Harno Published by Template Blogger